Sejarah

SEJARAH BERDIRINYA STIKES SURYA MITRA HUSADA KEDIRI

STIKES Surya Mitra Husada Kediri didirikan oleh Perhimpunan Surya Mitra Husada yang berkedudukan di Jl. Sriwijaya 86 Kediri yang mana merupakan lembaga pendidikan yang dikelola oleh beberapa praktisi kesehatan yang kompeten di bidangnya.

STIKes Surya Mitra Husada Kediri berdiri tahun 2003 dengan atas ijin dari Departemen Pendidikan Nasional Nomor 13/D/O/2003, setelah mendapatkan rekomendasi dari Departemen Kesehatan RI Nomor HK. 03.2.4.1.4236 pada tanggal 09 Desember 2003 dengan memiliki 2 program studi  yaitu Program Studi  Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Keperawatan serta Pendidikan Ners.  Selanjutnya pada tahun 2010  sesuai dengan SK Dirjen Dikti No. 111/D/O/2010  terdapat penambahan  pendirian program studi DIII Kebidanan dan Pendirian program studi DIV Kebidanan dengan SK No.111/D/O/2010.

STIKes Surya Mitra Husada Kediri terus berkembang menjadi institusi Kesehatan di Jawa Timur  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap tenaga kesehatan, hingga pada tahun 2015 dilakukan  lagi penambahan Program studi Magister Kesehatan masyarakat dengan SK Dirjen DIKTI No 100/M/Kp/2015. Setelah semua program studi terakreditasi B oleh LAM-PT Kes selanjutnya STIKes Surya Mitra Husada Kediri mengajukan perubahan bentuk institusi dari sekolah tinggi ke Institut dengan SK pendirian No.657/KPT/I/2019 tanggal 29 Juli 2019 dengan nama Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia. 

Mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia terdiri atas mahasiswa kelas Reguler  yaitu mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMU atau sederajat, yang memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan kesehatan; dan mahasiswa Alih Jenjang, yang berasal dari pendidikan tinggi jenjang Diploma III yang memenuhi syarat untuk melanjutkan pendidikan pada Jenjang S-I Kesehatan (Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Keperawatan).

Institut  Ilmu  Kesehatan STRADA Indonesia berada di bawah naungan Yayasan SuryaMitra Husada  dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Tehnologi, dan Pendidikan Tinggi No. 657/KPT/I/2019. Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia  mulai menyelenggarakan pendidikan pada tanggal 2 Agustus 2019 menyelenggarakan Program Studi D3 Kebidanan, D4 Kebidanan, S1 Keperawatan, Pendidikan Profesi Ners, S1 Administrasi Rumah Sakit, S1 Kesehatan Masyarakat , S1 Farmasi dan S2 Kesehatan Masyarakat.

Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia saat ini berlokasi di Jl. Manila Sumberece no. 37 Kediri. Seiring dengan perkembangnnya, Institut Ilmu Kesehatan STRADA IndonesiaIndonesia  membuka kampus yang berlokasi di Jl. Manila No 37 Sumberece Kediri.

Dalam prosesnya, Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu menetapkan tiga pilar utama untuk menggerakkan proses pendidikan; yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Ketiga Komponen ini mendapatkan perhatian yang besar dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Mitra Husada Kediri untuk menghasilkan mahasiswa lulusan yang memiliki integritas tinggi secara keilmuan dan kemasyarakatan.

Untuk mempertahankan mutu dan kualitas lulusan, maka Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia  berusaha untuk melakukan perencanaan dan penyelenggaraan setiap kegiatan akademik secara terencana, mulai dari proses rekruitmen (penerimaan) mahasiswa baru, perkuliahan, praktika, penulisan karya tulis hingga prosesi pelepasan mahasiswa (wisuda).