Whatsapp Pro
Tim STRADA Siap Membantu Anda!
Perlu Bantuan?

PENYELENGGARAKAN PELATIHAN OSCE

SEBAGAI WUJUD PELAKSANAAN VISI MISI IIK STRADA INDONESIA YANG MEMILIKI BRANDING 4G

Institut Ilmu Kesehatan (IIK) STRADA Indonesia yang memiliki visi 4G, salah satunya adalah Good Competence terus melakukan perbaikan dan persiapan sebagai langkah menghadapi segala perubahan yang terjadi dengan menyelenggarakan program pelatihan OSCE (Objective Structure Clinical Examination) di ketua oleh Dedy Saifullah, S.Kep.,Ns. M.Kes, diikuti oleh seluruh dosen Fakultas Keperawatan dan Kebidanan yang dan peserta dari luar IIK STRADA Indonesia.

Pelatihan OSCE dilaksanakan pada tanggal 13-14 Juni 2022 bertempat di lantai 3 Aula IIK STRADA Indonesia dengan menghadirkan 2 orang narasumber nasional yaitu : Dr. I Made Kariasa, Skp. M.Kep.,Sp.KMB (Pengurus AIPNI Pusat) dan Dr. Sriyono, S.Kep.,Ns.M.Kep, Sp.KMB (Ketua HIBGABI Jawa timur). 2 orang narasumber nasional tersebut merupakan penyusun dan pengembang standar pelaksanaan OSCE nasional yang sudah menjadi isu nasional yang menjadi syarat lulusan mahasiswa ners dan profesi bidan sebagai bentuk uji kompetensi.

Pembukaan pelatihan OSCE dibuka oleh Rektor IIK STRADA Indonesia Dr. dr. Sentot Imam Suprapto, MM. dalam sambutanya menyampaikan pentingnya persiapan menuju test OSCE sebagai tenaga kesehatan khususnya perawat dan bidan, yang memiliki peran penting dalam asuhan pasien, dan memiliki tanggung jawab secara etik dan hukum maka perawat dan bidan dituntut kompeten sebelum memberikan asuhan kepada pasien, dan rektor IIK STRADA Indonesia berpesan semoga pelatihan ini dapat memberikan dukungan terhadap persiapan lulusan ners dan profesi bidan IIK STRADA Indonesia yang kompeten sesuai dengan salah satu visi GOOD Competence.

Selama sesi latihan dijelaskan terkait standar yang harus dimiliki, mulai dari standar ruangan, sarana, pengawas pusat, koordinator OSCE center, penguji, pasien standar serta sistematika proses dan penilaian test OSCE dan dari hasil pelatihan tersebut IIK STRADA berkomitmen dalam menyelenggarakan OSCE Center bertaraf nasional sebagai salah satu pelaksanaan VISI Institut Ilmu kesehatan STRADA Indonesia yaitu Good Competence.


Penulis : Alfian Fawzi, S.kep., Ns., M.Kep