Pengabdian & Senyum Mereka : Mengenal Lebih Dekat Profesi Seorang Perawat

Kediri, 3 Mei 2020.  Hari Kesehatan Sedunia atau World Health Day tahun ini diperingati di tengah keprihatinan pandemi wabah Covid-19. Mengusung tema 2020: ‘Support Nurses and Midwives’, WHO menghimbau kepada masyarakat dunia untuk memberikan dukungan kepada para petugas kesehatan, terutama perawat dan bidan yang menjadi garda depan penanganan Covid-19.

Sebagai kategori orang-orang dengan risiko tinggi terpapar virus, para petugas kesehatan dihadapkan pada tanggung jawab untuk berjuang dua kali lipat. Pertama, memastikan kesehatan para pasien. Kedua, memastikan keselamatan diri dan keluarga. Di beberapa negara, termasuk Indonesia, para pahlawan garda depan Covid-19 ini justru mengalami berbagai keterbatasan dalam menjalankan tugas. Satu di antaranya adalah minimnya jumlah alat perlindungan diri (APD). Padahal mereka lah yang berinteraksi langsung dengan para pasien Covid-19.

Perawat bukan malaikat bersayap yang diciptakan tuhan tanpa salah. perawat hanya  malaikat tak bersayap yang tak lepas dari noda. Tapi berusaha untuk berproses menjadi lebih baik dan terus memperbaiki diri. Memberi pelayanan yang terbaik. Berharap jasa yang perawat  lakukan terpancar  seputih baju yang dikenakan. Tidak ada kata lelah menghadapi orang sakit tak semudah menghadapi orang yang sehat. Sisi psikologis tentu sangat berperan, kesabaran yang ekstra harus dimainkan. Belum lagi menghadapi keluarga pasien yang sudah tentu beraneka karakter, memang harus memiliki kemampuan khusus. Semua tak mudah dan  terkadang kesabaran itu harus teruji dan goyah.

Keragaman Profesi Yang Dapat Dilakukan Oleh Seorang Perawat

Tak perlu khawatir soal prospek kerja lulusan Ilmu Keperawatan. Sekalipun setiap tahun ada lulusan baru, lapangan kerja yang tersedia masih luas. Karena saat ini kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan juga meningkat. Selain di Rumah Sakit, lulusan perawat bisa praktik di Puskesmas, Klinik Kesehatan, Panti Jompo, dan menjadi perawat pribadi di suatu keluarga.  Berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti :

1. Pengasuh Bayi

Pengasuh anak atau bayi berperan sebagai pendamping orang tua dalam hal pengasuhan anak. Hal ini umum terjadi terutama jika kedua orang tua bekerja. Pengasuh anak akan memerhatikan tumbuh kembang anak secara jasmani dan rohaninya.  Pengasuh bertugas merangsang anak dengan kegiatan bermain, di samping mengurus berbagai perlengkapan harian anak. Jangan lupa kalau seorang pengasuh berperan penting memberikan informasi pengasuhan anak kepada orang tua setiap harinya. Seorang pengasuh ikut dalam mendukung perkembangan anak sambil bekerja sama dengan orang tua.  Terdapat juga pengasuh yang disalurkan langsung oleh rumah sakit ataupun sekolah keperawatan untuk melakukan pendampingan ataupun pengasuhan untuk anak dengan kebutuhan khusus. Di sini dibutuhkan skill yang mumpuni dalam ilmu keperawatan.

2. Instruktur Perawat

Sebelum bekerja di lapangan, seorang perawat harus dibekali dengan pelatihan dan pengajaran terlebih dulu. Itulah tugas dari yang biasa kita sebut dengan instruktur perawat. Selain itu, instruktur perawat juga berperan memberikan evaluasi kinerja para peserta didiknya. Evaluasi yang diberikan antara lain mencakup sikap dan keterampilan agar sesuai pedoman aturan kerja perawat. Dengan kata lain, instruktur perawat adalah role model bagi perawat agar bisa menjadi perawat profesional.

3. Pekerja Sosial Medis

Pekerja sosial medis berperan memberikan dukungan yang diperlukan pasien rawat inap dan juga keluarganya. Karena nggak menutup kemungkinan kendala bisa saja dihadapi pasien maupun keluarganya bukan? Pekerja sosial medis memberikan saran untuk menyelesaikan masalah tersebut dan memberikan masukan sesuai kebutuhan pasien. Selain memberikan dukungan selama di rumah sakit, pekerja sosial medis juga melayani kebutuhan pasien seperti layanan perawatan di rumah ataupun saat membutuhkan rujukan rumah sakit lain. Pekerja sosial medis akan dengan senang hati membantu kebutuhan

4. Perawat Lansia ( Care Worker )

Perawat lansia atau careworker merupakan seseorang yang bertugas membantu mengurus keperluan pribadi orang lanjut usia (lansia) yang memiliki keterbatasan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal ini mengingat mulai melemahnya fungsi jasmani dan rohani para lansia. Meski kadang dipandang sebelah mata, profesi perawat lansia sebenarnya memiliki peranan yang penting. Jasa perawat lansia tidak begitu aja bisa dinilai dengan nominal uang. Pada masa ketika banyak orang sibuk dengan urusan pekerjaan sehingga tidak mampu merawat pasien lansia, seorang perawat lansia hadir membantu melakukan perawatan dan pendampingan pasien dengan penuh kasih sayang.

5. Perawat Kesehatan Mental

Profesi ini cocok banget untuk  yang suka tantangan. Bekerja untuk orang-orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) bisa menjadi tantangan tersendiri. Sebagai perawat kesehatan mental, kamu memiliki peran utama memberikan dukungan kepada mereka yang memiliki penyakit gangguan mental untuk bisa kembali ke masyarakat.  Biasanya para perawat ini bekerja di rumah sakit ataupun lembaga rehabilitasi medik yang dikhususkan membantu orang-orang dengan gangguan mental. Perawat kesehatan mental juga berperan untuk melayani konsultasi keluarga pasien dan berkoordinasi dengan tim medis yang merawat pasien gangguan mental.

6. Dosen

Bagi lulusan S1 Keperawatan dapat melanjutkan jenjang pendidikan ke S2 Keperawatan untuk menjadi tenaga pengajar profesional. Banyak peluang besar untuk menjadi dosen di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta.

 

Keuntungan yang diperoleh dari Seorang lulusan Ilmu Keperawatan.

1. Kebutuhan masyarakat akan pelayanan dan asuhan kesehatan yang semakin meningkat secara tidak langsung juga berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan tenaga medis, salah satunya perawat.

2. Lapangan kerja lulusan Ilmu Keperawatan sangat luas, mulai dari di rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, home care, panti jompo, dan sebagainya.

3. Menjadi seorang perawat, memungkinkanmu untuk go international lho! Karena perawat merupakan salah satu profesi yang diikutsertakan dalam pasar bebas ASEAN. Jadi persiapkan dirimu agar mampu bersaing dengan perawat-perawat dari negara-negara di ASEAN.

4. Tenaga perawat Indonesia juga dibutuhkan oleh Negeri Sakura. Kalau kamu lulus seleksi maka akan dikirim sebagai kandidat nurse (perawat klinis) juga careworker yang ditempatkan di rumah sakit maupun panti jompo di berbagai wilayah

Leave a comment