Lawan Covid-19, Bravo Aksi Sosial IIK STRADA Indonesia

Kediri, 4 April 2020. Hampir satu bulan wabah pandemi global covid-19 menjangkit kehidupan sosial-ekonomi masyarakat Indonesia termasuk di wilayah Kota Kediri, himbauan untuk #dirumahaja #stayathome dan WFH ( working from home ) mulai mengganggu persoalan ekonomi warga, warga terpaksa menghentikan aktifitas ekonominya demi mencagah penyebaran covid-19. Dalam rangka mendukung program pemerintah, IIK STRADA Indonesia menggelar Aksi Kemanusiaan dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial pembagian sembako kepada warga di lingkungan IIK STRADA Indonesia

Rektor IIK STRADA Indonesia, Sandu Siyoto, S.K.M., M.Kes mengungkapkan, kami Keluarga Besar IIK STRADA Indonesia berinisiatif untuk berbagi rezeki dengan membagikan sembako kepada warga kurang mampu di lingkungan kampus. Bakti sosial ini guna meringankan beban mereka di tengah pandemi virus Corona ( Covid-19 ). ” Secara perekonomian penghasilan mereka jelas menurun drastis. Apalagi, sudah beberapa minggu terakhir ini mereka mengurangi aktivitas di luar rumah,” ungkapnya, Sabtu (4/04/2020).

“Kami salurkan 125  paket Sembako hari ini, di dua titik strategis untuk membantu masyarakat kurang mampu yang sangat membutuhkan di lingkungan sekitar IIK STRADA Indonesia,” ungkap  Dhita Kurnia Sari, selaku koordinator acara ini , saat menyalurkan paket Sembako di sekitar daerah Tirtoudan dan Singonegaran, Kota Kediri, Jawa Timur.

Selain memberikan bantuan sembako kepada warga di lingkungan kampus, IIK STRADA Indonesia juga melaksanakan program sterilisasi melalui penyemprotan disinfektan dirumah-rumah warga.  “Ini adalah hari pertama kami lakukan dan Insya Allah sampai sepekan ini di jadwalkan. Dan ini adalah salah satu program yang kami buat sebagai aksi nyata untuk mencegah penyebaran virus corona dengan penyemprotan disinfektan dan juga edukasi kepada warga  untuk mengetahui sejauh mana penyebaran virus corona dan pencegahannya. Diharapkan warga dapat mencegah penyebaran virus corona dan melakukan social distancing (jaga jarak) sebagai tindakan pencegahan,”ujar Amarin Yudhana, sebagai Koordinator K3 IIK STRADA Indonesia

Menurut Nurwijayanti ( Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, IIK STRADA Indonesia ), dalam situasi saat ini kebijakan social distancing memang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Anjuran agar masyarakat diam di rumah dan mengurangi berada di luar dan berkerumun, juga harus ditaati semua lapisan warga.

Namun, di sisi lain kebijakan ini tentu akan sangat terasa berdampak terutama bagi masyarakat kurang mampu yang sehari-hari menggantungkan hidup dari kerja serabutan atau upah harian.

“Bagi kelompok ini tentu menjadi simalakama. Keluar cari uang tidak bisa, sementara kebutuhan rumah tangga harus dipenuhi. Ini yang ingin coba kami bantu dengan kegiatan seperti ini,” kata Nurwijayanti.  

Nurwijayanti mengatakan, pilihan bantuan dalam bentuk Sembako dilakukan karena hal ini paling mendasar dibutuhkan masyarakat kurang mampu, dalam menghadapi masa siaga darurat Covid-19, dimana aktivitas harian memang harus dibatasi. “Kami berharap kegiatan kecil yang kami lakukan ini bisa sedikit membantu saudara kita yang memang membutuhkan,” tukasnya.

1 comment

  • ATIK SETIAWAN WAHYUNINGSIH
    / Reply

    STRADA joos tenan

Leave a comment