FKM UI Kembali Menerima Kunjungan dari Mahasiswa IIK STRADA Kediri

Jumat, 30 Agustus 2019 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) kembali menerima studi kunjungan dari Institut Ilmu Kesehatan Surya Mitra Husada (IIK STRADA) Kediri. Ini merupakan kunjungan kali kedua pada tahun ini. Sebelumnya, para mahasiswa IIK STRADA telah melaksanakan kunjungan pada bulan April 2019. Pada kunjungan kali ini, lebih dari 30 mahasiswa pascasarjana hadir di FKM UI. Kunjungan yang diterima di Ruang Promosi Doktor FKM UI ini menghadirkan dr. Adang Bachtiar, MPH, D.Sc, Dr. Ede Surya Darmawan, SKM, MDM dan Dr. Martya Rahmaniati, S.Si, M.Si sebagai narasumber.

Pada sesi pertama dr. Adang Bachtiar menyampaikan materi terkait Upaya Percepatan Pencegahan Stunting. Materi yang disampaikan ini lebih menitikberatkan pada masukan yang akan disampaikan kepada Presiden RI terkait darurat stunting di Indonesia. Pada sesi kedua, Dr. Martya menyampaikan materi terkait Geographic Information System (GIS). Sistem Informasi Geografis adalah adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Dalam materinya, Dr. Martya lebih banyak menampilkan contoh-contoh penerapan GIS untuk pengolahan data. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih mendalam kepada para peserta kunjungan. Sedangkan pada sesi terkahir, Dr. Ede memberikan materi terkait sistem kesehatan, community empowerment dan primary health care.

Selain mendapatkan pemaparan materi, peserta kunjungan juga berkesempatan mengunjungi Laboratorium yang ada di FKM UI, diantaranya adalah Laboratorium Gizi, Laboratorium Kesehatan Lingkungan dan Laboratorium Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Leave a comment